Istana Kaibon Banten Lama Mati Dalam Diam


Serang, FESBUK BANTEN News, (06/01). Istana kaibon yang terletak di komplek kerajaan Banten dan terbengkalai, merupakan salah satu  peninggalan kerajaan Banten saksi bisu dari kejayaan kerajaan Banten dimasa silam  yang  kini hanya bersisa puing - puing dan sedikit bangunan yang berdiri seolah hanya menjadi benda tua yang tidak memiliki nilai dan di biarkan begitu saja hancur termakan usia. padahal istana ini dibangun untuk ibunda Sultan Syafiudin yaitu Ratu Aisyah, sebagai sultan ke 21 dari kerajaan Banten.

Mengingat nilai sejarah yang amat berharga tersebut membuat kegelisahan salah seorang mahasiswi Universitas Negeri Jakarta yang memang berasal dari Banten dengan cara menampilkan tarian yang diciptakan sendiri olehnya dengan judul Mati dalam Diam, pencipta sekaligus sutradara tari tersebut adalah Widya Hutami, lebih akrab di panggil wiwi.


Dalam tari yang berdurasi keurang lebih 45 menit tersebut menceritakan tentang kegelisahan dan keperihatinan melihat bangunan yang begitu amat berharga yang juga merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki oleh Banten terongok begitu saja akibat tidak adanya perhatian dari pemerintah dan juga msayarakat sekitar.

menurut Wiwi, Istana kaibon merupakan sebuah peninggalan sejarah yang memiliki nilai ekstetik yang cukup bagus sekali, yang tidak kalah dengan bangunan-bangunan yang ada di Yunani, jadi akan sangat disayangkan jika bangunan bersejarah seperti instana kaibon ini terbengkalai dan hancur termakan usia.
wiwi juga menambahkan jika bangunan ini mampu dikelola dengan baik, dan dijadikan salah satu aset wisata maka akan memiliki nilai jual dan menghasilkan untuk biaya perawatan istana kaibon itu sendiri, tidak hanya seperti saat ini yang kurang terawat dan hanya dijadikan tempat bermain anak-anak, serta dari tarian yang dibawakan oleh 10 penari tersebut berharap mampu menjadi perangsang bagi masyarakat sekitar untuk peduli terhadap peninggalan sejarah tersebut. (NA/LLJ)




Nang Copast Tina  : http://www.facebook.com/notes/fesbuk-banten-news/istana-kaibon-banten-lama-mati-dalam-diam/10151165227616717

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar